Kreatif: Apa, Mengapa, Siapa.

  • Apa itu Kreatif?
    Well, kalau mesti menjelaskan definisi, saya suka membahas dari segi literal, atau arti harfiahnya terlebih dahulu (soalnya biasanya lebih simpel sih, saya ga suka hal-hal ribet). Jadi, Kreatif adalah terjemahan dari Bahasa Inggris, yaitu Creative. Creative sendiri berasal dari kata Creo, yang berarti “untuk menciptakan”. FYI, Creo adalah nama Company IBE dari kelas C pada tahun 2011-2012. Creo adalah company tempat saya “hidup” selama setahun. Dan kami memakai nama Creo karena literal meaning nya itu. Ehem, jadi melenceng. Sepertinya cerita tentang IBE tidak perlu dijelaskan lagi, nanti jadi nyampah. Kembali ke pertanyaan, jadi Kreatif adalah menciptakan. Menciptakan sesuatu, segala sesuatu, tidak hanya yang berhubungan dengan seni, karena saya melihat bahwa kata Kreatif seringkali diasosiasikan dengan seni. So, we have to be creative, regardless of what our occupation is.
  • Mengapa kita harus Kreatif?
    Seperti yang saya bilang tadi, Kreatif adalah soal menciptakan sesuatu, dan tidak perlu berkaitan dengan seni, jadi saya rasa semua orang perlu memiliki Kreatifitas untuk bisa maju dan sukses. Loh, apa hubungannya? Jaman sekarang ini, orang yang memiliki ide yang lebih baik daripada orang lain, bisa menjadi lebih sukses. Ide itu mahal. Dengan “hanya” sebuah ide, bisa tercipta sesuatu. Sesuatu yang bisa mengubah hidup kita. Hidup 1-2 orang. Atau bahkan hidup seluruh manusia.
  • Siapa orang yang paling Kreatif?
    Menurut saya, orang yang paling Kreatif, adalah orang yang “hanya” dengan ide nya (sekali lagi saya bilang, “hanya”) dia bisa mengubah dunia, menghasilkan keuntungan yang besar untuk dirinya, dst. Predikat ini, dari saya, jatuh kepada Steve Jobs. Kenapa Steve Jobs, karena sudah banyak produk-produk yang terlahir dari ide beliau. Terlebih lagi, produk-produk yang dia ciptakan adalah produk-produk yang sebelumnya sudah ada, tetapi bisa diterima oleh masyarakat, dan bahkan mengubah gaya hidup masyarakat. Lihat saja iPod. MP3 player sejenis iPod sudah banyak beredar sebelum iPod, sebut saja Sony dengan Walkman-nya. Dahulu, Walkman mungkin pernah menjadi Top of Mind orang-orang untuk pemutar musik portabel, sekarang? Orang yang sebelumnya tidak mengenal Walkman pun, sekarang memiliki sebuah iPod. Kemana mana orang membawa iPod, dan bahkan saya, sambil menulis post ini, mendengarkan lagu Let it Be-nya The Beatles dari iPod saya (lah…). iPod mendatangkan keuntungan finansial dalam jumlah besar untuk Apple, dan juga untuk Steve Jobs. Dan yang terakhir… iPod cuman salah satu produk inovatif yang diciptakan oleh Steve Jobs. Kebayang ga tuh?
Leave a Reply

