Inovasi Maksimal, Kemudahan Maksimal, Kelemahan Minimal.

Judul post kali ini saya buat (sedikit) lebih panjang, karena untuk memberikan efek spesial yang lebih (harapannya sih…) pada post ini. Ya, karena post ini adalah UTS saya di matakuliah Creativity and Innovation! (sfx: jeng jeng!)

Menurut saya Google adalah perusahaan paling inovatif di dunia. Opini saya ternyata disetujui oleh Fastcompany.com, karena menurut web ini Google menduduki peringkat satu dalam perusahaan terinovatif di seluruh dunia, kemudian diikuti Apple dan Facebook.

Bayangkan ketika kita ingin mencari info tentang sesuatu. Apa yang kita pertama kali lakukan? Kebanyakan dari kita akan melakukan browsing, dengan mengetik kata kunci diatas tadi pada search bar di web kesayangan kita semua, yaitu Google, dan biasa disapa akrab dengan Mbah, Om, dst karena jaman sekarang kita bisa mengetahui segalanya dari Mbah Google ini.

Google memberikan kemudahan bagi kita untuk mencari segalanya, dengan hanya 1 search bar saja. Google adalah hasil kreatifitas dan inovasi yang sangat luar biasa dari Sergey Brin dan Larry Page. Tanpa mereka berdua, mungkin sampai saat ini perpustakaan masih penuh sesak dikunjungi oleh orang-orang yang sedang mengerjakan tugas sekolah atau kuliahnya. Atau mungkin bahkan bisa juga perpustakaan dipenuhi oleh orang-orang yang kepo, yang mencari tahu segala sesuatu hanya untuk memuaskan sifat penasarannya.

Google telah melakukan inovasi di bidang-bidang sebagai berikut:

  • Teknologi
    Teknologi yang dimiliki Google sudah pasti melampaui perusahaan-perusahaan yang sejenis, karena tidak ada lagi mesin pencari yang bisa mencari lebih baik daripada Google. Hasil pencarian Google lebih akurat dan beragam. Hampir semua yang ingin kita cari, ditemukan pada halaman pertama.
  • Proses
    Prosesnya sangat mudah. Kita tinggal mengetik kata apapun yang ingin kita cari, dan setelah memencet tombol Enter, dan secepat kedipan mata, link untuk info yang kita cari sudah ada di depan mata.
  • Barang/Jasa
    Selain mesin pencari, Google juga memiliki barang dan jasa lain, seperti Google AdWords (iklan), Google Books (buku), Google Docs (penyimpanan dokumen), Google Mail (layanan Email), Google Map (peta), dan bahkan Operating System sendiri, yaitu Android. Dan masih banyak lagi, sebenarnya.
  • Model Bisnis
    Model bisnis Google bisa dilihat dibawah ini:

Saran saya untuk Google, sekarang Google sudah sampai tahap perusahaan paling inovatif di seluruh dunia. Pertahankan kondisi ini, lihat ke sekeliling, untuk bersiap menghadapi teknologi-teknologi terbaru dari kompetitor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s